Man City Kalahkan Man United Dari Daftar Klub Terkaya
0

Man City Kalahkan Man United Dari Daftar Klub Terkaya

Mei 04 artikel  

Galaxy88 – Manchester City menjadi klub terkaya di Liga Primer Inggris setelah mengalahkan rival sekota mereka, Manchester United, yang kini menempati posisi kedua. Pencapaian kali ini mengembalikan City ke posisi semula dua musim silam yang digeser Man United.

Skema bisnis yang brilian diklaim membuat Manchester Biru menjadi klub paling berharga di level kompetisi sepak bola Negeri Ratu Elizabeth tersebut dengan menembus angka £2 miliar atau sekitar Rp31,178 triliun.

Dikutip dari Manchester Evening News, menurut penelitian Universitas Liverpool untuk bidang Bisnis Olahraga, Man City sempat kehilangan puncak klasemen pada musim 2016/2017 karena belanja besar di musim perdana Pep Guardiola.

Baca juga: Arsenal Taklukan Valencia 3-1

Nilai Man City saat ini berjumlah £2,364 miliar, atau £275 juta lebih banyak dari Man United. Sedangkan di posisi ketiga hingga kelima secara berurutan ditempati Tottenham Hotspur, Liverpool, dan Chelsea.

Penilaian klub ini menggunakan sistem mempertimbangkan pendapatan, laba, pengaturan gaji, aset bersih, dan jumlah tiket yang tidak terjual dalam setiap pertandingan.

Man City untuk kali pertama berada di atas Man United dalam status klub terkaya pada musim 2015/2016 karena skema bisnis yang mereka jalani dengan bebas hutang di musim tersebut.

Man City Kalahkan Man United Dari Daftar Klub Terkaya

Man City Kalahkan Man United Dari Daftar Klub Terkaya

Sementara, Man United masih terbebani dengan pembayaran bunga utang yang ditumpuk keluarga Glazer saat membeli klub pada 2005 silam. Selain itu, Setan Merah juga memiliki peningkatan anggaran sebesar 13 persen untuk membayar gaji para pemainnya. Jika tanpa utang tersebut, Man United diklaim tidak akan terkejar oleh klub Liga Inggris lain dengan nilai kekayaan mencapai £3,4 miliar.

Tanpa utang City memiliki peluang untuk berinvestasi, baik membeli pemain untuk meningkatkan kualitas tim maupun dari sisi infrastruktur. Karena itu juga, meski pada musim panas 2017/2018 bisa memecahkan rekor pembelian pemain usai merekrut Ederson, Bernardo Silva, Kyle Walker, dan Aymeric Laporte, City tetap mengalami peningkatan signifikan, sedangkan Man United tidak.

Bahkan, pembelian besar-besaran di musim lalu itu disebut-sebut membantu meningkatkan nilai klub sebesar 20 persen. City juga mendapatkan pemasukan yang mengejutkan £95 juta dari penjualan pemain.

Baca juga: Peluang Liverpool Juara Liga Champions

Daily Mail juga melaporkan, klub-klub yang berada di posisi enam besar saat ini memiliki total 74 persen dari jumlah kekayaan peserta Liga Primer Inggris musim ini. Angka itu naik dari musim lalu yang hanya 67 persen.

Meski demikian, ada perbedaan besar mencapai yang £1 miliar dalam nilai kekayaan antara Arsenal (posisi keenam) dengan Burnley yang satu setrip di bawahnya.

Leave a comment

Type your name
Type your email
Website url
Type your comment