Man City Bisa Juara Liga Inggris Selasa Dini Hari
0

Man City Bisa Juara Liga Inggris Selasa Dini Hari

Mei 04 artikel  

Galaxy88 – Manchester City bisa mempertahankan gelar Liga Primer Inggris dengan menjadi juara musim ini pada Selasa (7/5) dini hari WIB saat menghadapi Leicester City di Stadion Etihad.

Dengan dua pertandingan tersisa, Man City dan Liverpool tetap memiliki peluang yang sama untuk berada di puncak klasemen pada akhir musim.

Meski begitu,The Citizens sedikit di atas angin untuk meraih mahkota level elite Liga Inggris ini karena unggul satu poin atas Liverpool yang menjadi satu-satunya pesaing di musim ini.

Baca juga: Man City Kalahkan Man United Dari Daftar Klub Terkaya

Bahkan City bisa menjadi juara di pekan ke-37 ini jika menang atas Leicester pada Selasa dini hari. Dengan catatan, Liverpool kalah Newcastle United di St. James’ Park pada Minggu (5/6) dini hari.

Kondisi itu menjadi satu-satunya cara agar tim asuhan Pep Guardiola ini bisa mengangkat trofi Liga Primer Inggris untuk kali ketiga secara beruntun, sekaligus mencatatkan rekor sebagai tim dan manajer pertama yang sukses menjadi juara tiga musim beruntun.

Sebaliknya, apabila City tersandung atau gagal menang atas Leicester, sedangkan Liverpool meraih tiga poin atas Newcastle, maka penentuan juara akan diputuskan pada akhir musim atau pekan ke-38.

Man City Bisa Juara Liga Inggris Selasa Dini Hari

Man City Bisa Juara Liga Inggris Selasa Dini Hari

Untuk memperkecil atau mematahkan kans Liverpool menjadi juara Liga Primer untuk kali pertama, tiga poin wajib diraih Raheem Sterling dan kawan-kawan. Peluang City menang atas Leicester terbuka lebar lantaran The Citizens punya rekor bagus di kandang dengan baru menelan satu kekalahan dari 18 pertandingan di musim ini.

Sementara Leicester punya rapor tandang yang tidak begitu bagus. Dari 18 pertandingan The Foxes hanya menang tandang 7 kali dan kalah 7 kali. Tetapi Man City tetap perlu waspada dengan ancaman Leicester mengingat Jamie Vardy dan kawan-kawan merupakan pemberi satu dari empat kekalahan yang dialami City di musim ini.

Baca juga: Arsenal Taklukkan Valencia 3-1

Liverpool sendiri di atas kertas punya harapan besar untuk mengalahkan Newcastle United. Melihat performa Merseyside Merah yang sangat bagus di musim ini dan komposisi tim yang ada, Mohamed Salah dan kawan-kawan bisa meraih tiga poin atas The Magpies.

Satu-satunya aspek yang bisa menjegal skuat Juergen Klopp meraih kemenangan adalah psikologis mereka usai kalah telak 0-3 dari Barcelona di leg pertama semifinal Liga Champions, tengah pekan lalu.

Man City Bisa Juara Liga Inggris Selasa Dini Hari

Man City Bisa Juara Liga Inggris Selasa Dini Hari

Tidak hanya itu, skuat Liverpool juga perlu mengatur kebugaran pemain utama mereka karena akan melakoni laga krusial lainnya saat menjamu Barcelona di leg kedua semifinal di Anfield, Rabu (8/5) dini hari.

Seandainya Liverpool tidak bisa mengelola mental dan merotasi pemain mereka dengan baik, The Reds bisa saja gagal menang di St. James’ Park. Dengan begitu Man City bisa makin termotivasi saat melawan Leicester dua hari berikutnya untuk memburu kemenangan.

Baca juga: Peluang Liverpool Juara Liga Champions

Rivalitas Man City dengan Liverpool juga akan berlangsung hingga pertandingan terakhir jika City imbang atau kalah dari Leicester, sementara Liverpool menang atas Newcastle. Pasalnya, hasil itu akan menempatkan The Reds di puncak klasemen dengan unggul satu atau dua poin atas Manchester Biru. Situasi itu secara otomatis membuat tim asuhan Juergen Klopp tersebut memiliki peluang lebih besar untuk juara.

Harapan untuk Liverpool juga tetap ada apabila kalah dari Newcastle, namun City imbang dengan Leicester. Dengan begitu City hanya akan unggul dua poin atas Liverpool. Jika di laga terakhir City kalah dari Brighton and Hove Albion sedangkan Liverpool menang atas Wolverhampton, maka The Reds yang akan juara.

Karena itu, menarik menyimak persaingan Man City dan Liverpool hingga akhir musim. Meskipun persaingan ketat hingga akhir musim bukan saja terjadi pada 2018/2019 kali ini. Di era Liga Primer Inggris sejak 1992/1993, perburuan gelar juara hingga pekan-pekan terakhir sudah terjadi dalam tujuh musim.

Saat Liga Primer memasuki musim ketiga (1994/1995), Blackburn Rovers dan Manchester United bersaing sampai ke pekan ke-38. Di akhir musim itu Blackburn keluar sebagai juara dengan unggul satu poin (89) atas Setan Merah (88).

Di musim 1997/1998 Arsenal dan Man United juga tampil habis-habisan hingga pengunjung kompetisi. Meski akhirnya Arsenal menjadi juara dengan 78 poin sedangkan Man United 77 poin.

Kalah bersaing di musim sebelumnya membuat The Red Devils membalas Arsenal di musim 1998/1999. Di musim itu giliran Man United juara dengan unggul satu poin (79) atas The Gunners (78 poin).

Sembilan musim berselang (2007/2008) persaingan juara ada pada Man United dan Chelsea. Tim asuhan Sir Alex Ferguson ketika itu juara Liga Primer dengan menang dua poin (87) atas Chelsea (85). Dua musim berikutnya trofi juara menjadi milik Chelsea yang mengalahkan Man United dengan selisih satu poin (86 dan 85) di musim 2009/2010.

Baca juga: Barcelona Trauma Disingkirkan

Persaingan paling menarik dalam perebutan gelar juara tiga klub Man City, Liverpool, dan Chelsea. Di akhir musim City menjadi juara dengan unggul dua poin (86) atas Liverpool (84) dan empat poin atas Chelsea (82).

Leave a comment

Type your name
Type your email
Website url
Type your comment